5 Cara Memilih Komputer yang Bagus Sesuai Kebutuhan 

Cara Memilih Komputer yang Bagus

Cara memilih komputer yang bagus adalah kiat-kiat yang bisa diterapkan saat hendak membeli komputer built-up agar mendapatkan perangkat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Ya, saat ini semakin banyak brand yang menawarkan seperangkat komputer dengan ragam spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan tertentu. Akibatnya, Anda pun bisa bingung menentukan pilihan terlebih jika memiliki budget terbatas. 

Bagaimana Cara Memilih Komputer yang Bagus agar Tak Salah Beli? 

Cara memilih komputer yang bagus juga tetap perlu diketahui meskipun Anda memiliki anggaran berlebih sekalipun. Tujuannya adalah agar Anda tidak memboroskan uang untuk membeli spesifikasi yang tak dibutuhkan. Untuk apa membeli komputer dengan harga mahal apabila hanya digunakan untuk kebutuhan ringan bukan? 

Nah, untuk menghindarkan Anda dari pembelian yang sia-sia, berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli komputer:  

1. Sesuaikan dengan kebutuhan 

Tips membeli komputer yang pertama adalah memastikan kebutuhan penggunaan perangkat tersebut. Misalnya, apabila Anda hanya membutuhkan komputer untuk mengerjakan tugas seperti browsing ringan dan mengetik, maka komputer dengan spesifikasi menengah ke bawah bisa saja sudah cukup. Lain lagi jika Anda ingin menggunakan komputer untuk game, desain atau rendering, pastikan menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi.  

2. Cek spesifikasi utama komputer 

Setelah memastikan kebutuhan, berikutnya Anda perlu membuat daftar berisi spesifikasi relevan yang dibutuhkan. Misalnya jenis prosesor dan generasinya, kapasitas RAM dan dukungan upgrade, jenis penyimpanan dan kapasitasnya, sistem operasi hingga spesifikasi kartu grafis. Catat apa saja komponen yang harus dipenuhi agar software yang Anda gunakan nantinya dapat berjalan dengan lancar.  

3. Cek komponen pendukung   

Setelah daftar komponen utama di atas, berikutnya yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah peripheral atau komponen pendukung yang dapat menunjang penggunaan Anda. Misalnya monitor, keyboard, mouse, dukungan jaringan, printer, ROM, sound system dan sebagainya. Pastikan bahwa komputer yang akan Anda pilih mendukung berbagai komponen tambahan yang Anda butuhkan. 

4. Dukungan software   

Biasanya, saat membeli komputer, Anda akan dibekali dengan sistem operasi dan beberapa software pilihan. Perlu Anda pastikan bahwa software yang akan Anda gunakan nantinya, dapat diinstal dan dijalankan pada komputer tersebut dengan baik. Jika Anda mendapatkan bundling, sebaiknya pastikan pula bahwa software yang Anda dapatkan tersebut asli dan berlisensi resmi untuk menghindari masalah di kemudian hari.   

5. Garansi 

Tidak ada yang menginginkan perangkat yang Anda beli menjadi rusak, begitu pula dengan pihak produsen maupun penjual. Oleh karena itu, pada saat pembelian, Anda akan mendapatkan layanan garansi. Nah, pastikan bahwa komputer yang akan Anda beli tersebut dilengkapi dengan garansi resmi sehingga Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya seandainya terjadi masalah tak terduga pada komputer Anda.   

Nah, biasanya layanan garansi ini hanya bisa disediakan oleh penjual yang memang benar-benar terpercaya. Berbeda dari garansi service dari toko yang bisa saja menarik biaya karena perlindungan yang kurang lengkap. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda lebih selektif memilih penjual. 

Kesimpulan 

Itulah beberapa cara memilih komputer yang bagus saat akan membeli baru untuk diterapkan agar Anda tak salah beli. Hal ini juga untuk menghindarkan Anda dari salah beli karena hanya mengikuti rekomendasi dari penjual saja. Tentu saja karena Anda sudah memiliki pegangan saat akan memilih salah satu komputer yang tersedia sehingga lebih bijak dalam memilih produk.  

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*