7 Tips Setup Komputer, Bisa Bikin Rapih dan Aesthetic 

Tips Setup Komputer

Tips setup komputer ini berisi kiat-kiat yang bisa Anda terapkan pada meja kerja agar terlihat lebih rapi sekaligus menunjang produktifitas. Bukan sekedar meja yang memuat komputer dan berbagai peripheral saja, setup juga perlu diperhatikan visualnya agar memberikan nuansa yang nyaman. Dengan begitu, Anda menjadi lebih betah selama bekerja.  

Tips Setup Komputer Anti Bosan Tetap Produktif Sepanjang Hari  

Tips setup komputer semakin menjadi perhatian belakangan ini, terlebih saat semakin banyak orang yang memilih opsi Work from Home, sehingga setup sudah bukan lagi bahan orang-orang kantoran. Anda pun mungkin ingin memiliki meja kerja di rumah yang cozy sekaligus aesthetic. Tujuannya, tak sekedar memudahkan bekerja, tetapi juga menekan stres berlebih karena tekanan pekerjaan. Lantas apa saja kiat yang bisa Anda terapkan di ruang kerja Anda?  

1. Perhatikan Meja 

Jelas, perhatian utama kita akan tertuju pada meja kerja yang sebaiknya tak hanya bisa memuat komputer berikut pernak-perniknya saja. Meja kerja sebaiknya selalu senantiasa bersih dari barang-barang yang tidak aktif digunakan. Anda bisa menyimpan barang yang sedang tak digunakan di penyimpanan lain atau membuangnya jika sudah tidak dipakai lagi.  

Jika Anda masih berencana untuk membeli meja kerja, sebaiknya lebih pertimbangkan meja yang lebar dan kokoh. Opsi ini, secara jangka panjang, bisa jadi lebih baik jika dibandingkan meja komputer biasa dengan laci keyboard dari segi harga. Untuk memaksimalkan penampilan meja, Anda juga bsia menggunakan extended mousepad sesuai konsep suasana. 

2. Seleksi Barang yang Dimuat  

Berikutnya, Anda bisa membuat daftar barang yang nantinya dimuat di meja beserta perkiraan posisinya. Daftar barang ini bisa berisi monitor, laptop atau komputer, mouse, keyboard, mousepad, wristpad, drawing tablet, alat tulis, lampu dan sebagainya sesuai pekerjaan. Apabila dirasa lebar meja kurang mencukupi, tak ada salahnya untuk menyiapkan penyimpanan tambahan di sekitarnya. 

3. Rencanakan Layout  

Setelah menentukan barang apa saja yang berhak menempati setup, Anda juga bisa menentukan layout atau dimana saja barang-barang tersebut akan ditempatkan. Tak hanya 1 layout saja, Anda juga boleh menyiapkan beberapa tata letak. Tujuannya, apabila Anda mulai bosan dengan setup layout saat ini, bisa dengan mudah menata kembali barang-barang tersebut. 

4. Perhatikan Pemilihan Monitor 

Monitor menjadi hal penting yang dapat membuat setup lebih berkesan. Anda bisa mempertimbangkan monitor Ultrawide dengan rasio tampilan 21:9 didukung penggunaan vesa arm, bisa jadi pilihan ideal. Opsi ini tak sekedar menghadirkan view yang immersive, tetapi juga tetap mampu menunjang produktifitas Anda. 

Lain halnya apabila Anda bekerja menggunakan laptop. Akan lebih baik apabila Anda menggunakan stand laptop yang match dengan konsep suasana setup Anda. Pastikan pula produk stand yang Anda gunakan cukup kokoh untuk menyangga laptop selama bekerja. 

5. Manajemen Kabel  

Anda bisa saja menggunakan meja dengan lubang khusus atau menggunakan karet cable manage,ent untuk memastikan setup lebih bebas dari kabel yang berseliweran. Memang karena untuk pengguna tertentu, opsi perangkat wired memang belum bisa lepas sepenuhnya. Namun akan lebih optimal apabila Anda memilih opsi peripheral wireless.  

Ya, Anda bisa mempertimbangkan keyboard dan mouse wireless untuk menekan jumlah kabel yang terlihat di setup. Begitu pula untuk speaker yang kini sudah banyak hadir dengan dukungan wireless. 

6. Buat Konsep Suasana 

Berikutnya yang tak kalah penting uintuk diperhatikan untuk memaksimalkan setup adalah suasana meja kerja. Pastikan Anda sudah menentukan seperti apa suasana favorit yang ingin ditampilkan di setup, misalnya gaya a la jeJepangan, suasana cyberpunk atau bahkan alami. Untuk itu, Anda mungkin bisa mengecat ulang tembok ruang kerja, membeli wallpaper hingga menggunakan pencahayaan khusus untuk ambience tertentu. 

7. Jaga Kebersihan 

Hindari kebiasaan makan sambil kerja mengingat ada saja kemungkinan remah makanan yang mengotori setup dan peripheral. Selain itu, sebaiknya sediakan tempat khusus jika Anda sering bekerja sambil menikmati minuman. Walau demikian, hal ini tetap tak mengurangi  keharusan Anda untuk selalu membersihkan setup setiap selesai bekerja. 

Kesimpulan 

Tips setup komputer di atas mungkin tak semuanya Anda terapkan sekaligus. Karena bagaimanapun, setiap orang bisa saja memiliki standar dan preferensi masing-masing. Maka dari itu, sesuaikan dengan kebutuhan, selera dan budget yang ada. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*