Cara Kalibrasi Layar Monitor Laptop dengan Mudah

Cara Kalibrasi Layar Monitor Laptop

Sebelum kamu menggunakan laptop, kamu perlu mempelajari cara kalibrasi layar monitor laptop agar tampilan layarnya terasa lebih nyaman saat digunakan.

Ada beberapa laptop yang pengaturan default pada layarnya terlalu terang sehingga saat sedang menggunakan Penggunanya akan merasa kurang nyaman.

Beberapa laptop yang lainnya mempunyai default layar yang warnanya kurang terang sehingga penggunaannya tidak bisa melihat jelas apa yang ditampilkan pada layar.

Cara Kalibrasi Layar Monitor Laptop

Salah satu tutorial yang sangat penting untuk dipahami dan diikuti adalah cara kalibrasi warna pada layar monitor.

Dengan kamu melakukan kalibrasi, Penggunanya bisa menikmati penggunaan laptop dengan lebih nyaman. Dua dari sekian banyak cara kalibrasi warna monitor adalah.

Kalibrasi tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara sederhana untuk melakukan kalibrasi pada monitor laptop yaitu dengan menggunakan fitur kalibrasi bawaan laptop, tidak perlu memasang aplikasi tambahan apapun.

  1. Tekan tombol dengan ikon Windows pada keyboard laptop kemudian kamu ketikkan calibrate display pada search bar.
    • Maka akan langsung muncul sebuah menu kalibrasi, lalu klik pada ikon aplikasi tersebut untuk menjalankan aplikasinya.
  2. Jendela kalibrasi monitor akan terbuka dan akan menampilkan informasi pengantar. Setelah kamu selesai membacanya, maka langsung klik pada tombol Next.
  3. Langkah yang paling awal adalah mengatur warna dasar pada monitor. Karena yang akan dikalibrasi yaitu monitor laptop, kamu bisa langsung mengklik tombol Next.
  4. Cara untuk kalibrasi warna monitor berikutnya adalah menyesuaikan gamma. Untuk mengurangi gamma, turunkan slider hingga ke bagian tengah Ataupun bawah.
    • Dan untuk meningkatkan gamma-nya, langsung naikkan slider-nya sampai kamu merasa nyaman saat memandang monitor.
  5. Langkah yang berikutnya yang harus dilakukan adalah menyesuaikan kontras pada layar laptop. Pertama, sesuaikan dulu kecerahan layar dan berikutnya sesuaikan kontras layar.
  6. Maka Akan muncul tiga gambar yang menunjukkan apakah layar laptop sudah cukup cerah, terlalu cerah, atau terlalu gelap. Pastikan huruf X di gambar yang ditampilkan hampir tidak terlihat.
  7. Saat kamu mengatur kontras pada layar laptop, pastikan sudah menyesuaikan kontrasnya dengan benar.
    • Caranya adalah dengan menyesuaikan bagian kontras sambil mengamati gambar di layar. Lipatan baju dan kancing baju seharusnya tidak menghilang di salah satu pandangan.
  1. Lalu Sesuaikan keseimbangan warna pada layar monitor. cara untuk kalibrasi warna monitor Windows 10 adalah dengan menggeser slider tiga warna yaitu hijau, biru, dan merah.
    • Saat kamu menyesuaikan slider, pastikan dulu gambar yang di layar tetap berwarna abu-abu.
  1. Di halaman yang paling terakhir, maka kamu akan melihat dua tombol. Klik previous calibration yaitu kalibrasi layar sebelum melakukan diiedit.
  2. Kemudian kamu bandingkan dengan kalibrasi yang baru dengan memilih current calibration.
  3. Jika pengaturan kalibrasi sudah sesuai dengan keinginan langsung klik tombol Finish. Tapi kalau pengaturan kalibrasinya masih kurang, pilih tombol Cancel lalu ubah lagi pengaturan kalibrasi warna pada layar laptop kamu.

Cara ini adalah yang paling sederhana dan sangat mudah untuk diterapkan karena kamu tidak perlu membeli dan memasang aplikasi apapun. Cukup gunakan fitur kalibrasi bawaan dan layar laptop.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai cara kalibrasi layar monitor laptop semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*