Tips Memilih Kabel HDMI to VGA Agar Tak Salah Pilih 

Tips memilih kabel HDMI to VGA dalam tulisan kali ini mungkin bisa jadi tambahan referensi apabila Anda berencana untuk membelinya. Ya, kabel yang memiliki fungsi sesuai dengan namanya ini hadir dalam 2 pilihan yang mungkin bisa membuat Anda bingung menentukan pilihannya. Manakah kabel HDMI to VGA yang sesuai dengan kebutuhan Anda? 

Tips Memilih Kabel HDMI to VGA, Beli yang Aktif atau Pasif? 

Tips memilih kabel HDMI to VGA dalam tulisan kali ini berfokus pada bagaimana Anda bisa memilih produk yang memiliki spesifikasi paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini dikarenakan produk ini hadir dalam 2 type yang perlu Anda perhatikan saat akan membelinya. Untuk bisa mengetahui jenis yang paling tepat, Anda pun perlu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi perangkat.     

Kabel HDMI to VGA adalah kabel yang digunakan sebagai penghubung input dan output yang memiliki display port berbeda, dalam hal ini HDMI dengan VGA. Perangkat keluaran baru saat ini umumnya sudah menggunakan port jenis HDMI. Sementara layar generasi sebelumnya, masih menggunakan display port jenis VGA. 

Nah, fungsi dari kabel ini adalah agar Anda tetap dapat menggunakan perangkat output visual lama yang masih menggunakan port display VGA dari perangkat input HDMI. Ya, perangkat keluaran seperti layar TV, monitor maupun proyektor keluaran lama memang masih banyak yang menggunakan port VGA. Jadi, umumnya koneksi ini terjadi antara laptop ataupun smartphone, dengan perangkat keluaran seperti yang sudah disebutkan tadi.  

1. Nah, pada saat Anda memutuskan untuk membeli kabel HDMI to VGA di toko komputer, pastikan Anda sudah mengetahui spesifikasi perangkat input yang digunakan. Untuk itu, Anda bisa membaca manual perangkat laptop atau lainnya apakah sudah mendukung display port mode ganda (DP++) atau tidak. Atau, Anda juga bisa mencari dukungan teknis di website resmi produsen untuk mengetahui detail informasi tersebut. 

2. Apabila perangkat Anda sudah mendukung DP++, maka Anda bisa menggunakan jenis kabel HDMI to VGA pasif. Sementara untuk perangkat yang belum support DP++, Anda harus menggunakan kabel HDMI to VGA aktif. Atau apabila Anda tidak yakin, sebaiknya langsung memilih jenis kabel yang bersifat aktif saja untuk menghindari masalah kompatibilitas. 

Apa Itu Kabel Pasif dan Kabel Aktif?

Berikut ini penjelasan tentang kedua jenis kabel tersebut: 

1. Kabel HDMI to VGA Pasif 

Jenis kabel ini disebut sebagai pasif karena tidak melakukan konversi data dari digital ke analog. Dengan kata lain, kabel ini tidak memiliki chip atau sirkuit elektronik tambahan untuk memproses data dari perangkat input sebelum dikirim ke output. Oleh karena itu, idealnya harga kabel jenis ini pun lebih murah dibanding kabel aktif, namun tetap disesuaikan dengan panjang kabel. 

2. Kabel HDMI to VGA Aktif 

Jenis kabel ini dihargai lebih mahal dibanding jenis kabel pasif. Jelas, karena jenis kabel ini menggunakan chip tambahan untuk mengubah sinyal digital menjadi analog di dalamnya. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan kabel ini pada perangkat input dengan display port yang sudah mendukung DP++ maupun belum.  

Kesimpulan  

Itulah tadi tips memilih kabel HDMI to VGA sesuai kebutuhan. Apabila Anda salah dalam memilih jenis kabel, maka perangkat output tidak akan menampilkan visual apa pun dikarenakan data yang tidak sesuai. Ya, layar monitor atau proyektor tidak dapat menampilkan gambar dari laptop, komputer, konsol game atau lainnya apabila jenis kabel yang digunakan tidak sesuai atau Anda mencoba membalikkan input dan outputnya (VGA to HDMI).  

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*